EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabic

Sabtu, 05 Februari 2011

PC Portable


What is PC Portable ? Banyak orang mungkin beranggapan PC yang baik untuk game adalah PC besar yang memiliki sirkulasi udara yang baik, anggapan itu tidak salah. Tetapi saat ini telah diciptakan sebuah PC berukuran  cukup kecil untuk dibawa dan sangat cocok untuk para gamers.
Artikel ini KOBE ambil dari LigaGame, KOBE tidak bermaksud menjadi plagiat tetapi hanya ingin berbagi sedikit informasi penting bagi teman-teman gamers, silahkan baca artikel ini untuk lebih jelasnya :

Gaming PC Gold Edition

Dulu ada anggapan bahwa computer untuk gaming harus berukuran besar, karena memiliki air flow atau aliran udara yang baik. Tetapi anggapan tersebut sudah tidak berlaku lagi saat ini, karena computer cepat yang dirancang untuk bermain game, juga bisa memiliki ukuran yang kecil. Computer Gaming ini Cocok untuk acara LAN Party.
Tim Ligagame beserta dengan beberapa sponsor hardware computer, baru baru ini merancang satu sistem computer yang berukuran kecil (sehingga bisa dibawa bawa layaknya sebuah notebook) , dan walaupun berukuran kecil, tetapi memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan sistem-sistem computer berukuran besar.
Penasaran dengan spesifikasi nya ?
Computer yang dirancang untuk gamers ini, tentunya harus memiliki kemampuan hardware yang bisa memainkan game game terbaru dengan lancar. Karena itu, tim ligagame menggunakan beberapa hardware yang termasuk paling cepat saat ini, seperti processor Intel i7 , video card ATI Radeon 6000 series , serta Solid State Disk (hard disk).
Semua hardware tersebut dikemas dalam casing computer Silverstone SG07 yang memiliki PSU (power supply) sebesar 600 watt  dengan certificate 80plus bronze.




Case : Silverstone SG07 (600 Watt 80plus Bronze)Pemilihan casing Silverstone SG07 dalam sistem gaming computer ini adalah, yang walaupun berukuran kecil sehingga bisa dibawa bawa, Silverstone SG07 memiliki aliran udara yang sangat baik dalam membuang panas. Sebuah FAN besar berukuran 18 cm , tepat berada di dinding atas dari casing tersebut yang dapat diatur kecepatan putarannya. Di bagian kanan dan kiri casing terdapat lobang lobang udara dari acrylic, yang dapat menjadi tempat pembuangan panas dari sistem computer di dalamnya. Selain itu Silverstone SG07 juga bisa dipasang dengan video card yang paling panjang saat ini yaitu 12 inch.

Yang unik adalah, SG07 juga menyediakan fasilitas air duct untuk fan video card, yang dilengkapi dengan filter sehingga debu dari luar casing akan tersaring dulu oleh filter sebelum memasuki heatsink dari video card. Casing ini hanya bisa menggunakan motherboard yang menggunakan form factor mini-Itx.
Processor : Intel i7-870Pemilihan processor i7 tipe 870 adalah secara harga tidak terlalu mahal, dan memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Selain itu, i7-870 bisa menggunakan memory DDR3 double channel, sehingga keseluruhan sistem computer menjadi tidak terlalu mahal.
Liquid Cooling : Corsair H50Untuk membantu agar processor 2.9Ghz bisa dioverclock ke 3.6Ghz dan stabil, diperlukan pendingin yang berkemampuan tinggi. Salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan Liquid Cooling, dan tim Ligagame memilih liquid cooling merek Corsair yang memiliki reputasi sangat baik.

Motherboard : Gigabyte H55N-USB3 Mini-itxSaat ini di pasaran, tidak banyak tersedia jenis motherboard untuk intel i7 yang memiliki form factor mini-itx. Salah satu yang terbaru adalah Gigabyte H55N , dimana sudah dilengkapi dengan fitur USB 3.0 dan USB Power 3X. Motherboard Gigabyte H55N ini menggunakan chipset 1156.
Video Card : Sapphire ATI Radeon 6870 HDVideo card tipe 6870 saat ini memberikan perbandingan antara harga dan performance yang cukup baik. Memang terdapat beberapa tipe lagi video card yang lebih cepat, tetapi dengan harga yang terpaut sangat jauh. Sebagai contoh, untuk ATI 5870 yang secara kecepatan hanya sekitar 5% lebih cepat dari 6870, tetapi memiliki harga 40% lebih mahal. Video card jenis NVIDIA bahkan lebih mahal lagi, untuk kecepatan yang sama dengan ATI 6870. Karena itu, kami memilih tipe 6870 dalam sistem ini.
Hard Disk : SSD 120GB dengan Sanforce controller.Sudah mejadi rahasia umum, bahwa sejak beberapa tahun terakhir, bottleneck dalam suatu sistem computer terletak pada hard disknya. Sistem computer yang sangat cepat, tetap akan berasa kurang cepat, karena speed hard disk biasa yang sangat pelan. Karena itu, kami memilih menggunakan solid state disk (SSD). Dan walaupun harga SSD masih jauh lebih mahal daripada hard disk biasa, tetapi saat ini, harganya sudah mulai terjangkau, dibandingkan denga waktu pertama kali SSD  keluar ke pasaran.
Saat ini , kita sudah bisa mendapatkan SSD 120GB dengan harga kurang dari 2.5 juta rupiah.

Sekedar pendapat pribadi saja,... daripada menggunakan video card 1 tipe yang lebih tinggi dengan harga 100-200 dollar lebih mahal, mendingan kita tetap menggunakan video card 1 level di bawahnya, dan dana nya dipakai untuk membeli SSD. Para pemakai akan merasakan bahwa computernya lebih cepat, bahkan pemakai pemula pun bisa merasakannya.
Memory : Corsair DDR3 dual channel 4GB PC1600Siapa yang tidak tahu kualitas memory merek corsair ? kayanya tidak perlu dijelaskan lagi. Memory yang dipakai adalah versi intel unlocked, sehingga bisa dipakai untuk overclock jika diperlukan.
Keyboard + Mouse + Mousepad : Razer Lycosis, Death Adder, Sphex mouseportYang satu ini sudah tidak perlu dibicarakan lagi. Semua gamers tentu sudah mengetahui bahwa produk razer dan steelseries paling cocok untuk gaming.

Konsep untuk PC Ligagame Gold Edition ini :Dalam merakit PC gaming yang cocok untuk LAN Party atau dibawa-bawa ini, tim ligagame memperhatikan kerapian dari kabel kabel di dalamnya serta aliran udaranya (airflow). Untuk merapikan kabel kabel yang cukup banyak di dalam sistem PC yang memiliki casing berukuran kecil ini, susah susah gampang. Tim ligagame memerlukan waktu hingga 15-20 menit, untuk mencoba berbagai kombinasi susunan kabel di dalam casing agar tidak terlihat berantakan , serta tidak menghalangi aliran udara.

Hasilnya , adalah sebuah PC kompak, dengan isi dalam yang hampir kosong, karena berbagai kabel "di-umpetin" agar tidak terlihat berantakan.

Untuk Aliran udara (airflow) , juga didapatkan hasil yang maksimal, sehingga menjalankan game yang berat dalam waktu yang cukup lama, PC tidak akan terasa panas, karena semua udara panas didalamnya telah ditiup keluar, tanpa parkir di pelosok pelosok casing.
Temperatur CPU setelah di-overclock dari 2.9Ghz ke 3.6Ghz  -  (42 derajat)

Nilai Windows 7 experience  index  -  7.6

Nilai 3DMark Vantage - P17172

Nilai 3DMark06 dan CPU-Z (Core speed 3.6Ghz)



Harga : Dengan dukungan dari berbagai sponsor, pihak Ligagame bisa menjual Gaming PC Gold Edition ini, dengan harga yang bersaing dengan mangga dua, yaitu Rp. 14.350.000,- (harga per -  tgl 9 Desember 2010)
Harga sudah termasuk :
1 Unit Computer dengan spesifikasi :
Processor - Intel i7 - 870 (OC 3.6 GHz)
Motherboard - Gigabyte H55N-USB3
Memory - Corsair DDR3 Dual channel 4Gbyte PC1600 : CMX4GX3M2A1600C9
Video Card - Sapphire ATI Radeon 6870 HD
Hard Disk - SSD Patriot 120 GB - San Force controller
Casing - Silverstone SG07 - 600 Watt 80plus Bronze
Keyboard - Razer Lycosa
Mouse - Razer DeathAdder
Mousepad - Razer Sphex Mouseport
Starcraft 2 - original - Starter pack + voucher Battle.net (1 bulan) - senilai 100.000


Bagi gamers yang tertarik, bisa  "test"  Gaming PC ini di toko Megasiscom (Gajah Mada Plaza, Lantai 3A no 11) , atau hubungi 021-70152233 untuk pemesanan Ligagame Gaming PC Gold Edition.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sekali lagi KOBE tidak bermaksud mengambil hak cipta atau mengiklankan produk ini, KOBE hanya ingin menginformasikan. Dan di dalam artikel di atas tidak ada tambahan atau pengurangan bisa di cek langsung ke website yang bersangkutan.


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA
GBU
Last Posted :

6 komentar:

  1. UD BANGKRUT Y BRO?

    BalasHapus
  2. Maksud ?
    Wa lg sbug belajar ne
    WKwkwk

    Ngurus skul dolo

    Eh ada software baru tapi blum tak post
    Bisa ganti tema n background cuma tinggal klik2 doank
    Cukkk...

    BalasHapus
  3. URUS BLOGNYA RU BALAJAR COKKK!

    BalasHapus
  4. Sesat emang koe cuk
    mana ada unduk gtw
    wkwkwkk

    BalasHapus
  5. foto bagian dalam casing ga ada

    BalasHapus

Semua pertanyaan, kritik, dan saran anda sangat kami harapkan.
Dan jangan lupa cantumkan nama anda saat memberi komen.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...